17 Agustus Yang Suci

Posted: 17 Agustus 2011 in Inspiration
Tag:, , , , , ,

“Revolusi sudah di tangan kami sekarang. Dan kami memerintahkan Bung! Kalau Bung tidak memulai revolusi malam ini, maka kami akan…” teriak Soekarni, salah seorang tokoh pemuda pada Bung Karno.

“Akan apa?” teriak Bung Karno sambil beranjak dari kursinya. Semua terkejut, seisi ruangan mendadak sunyi.

Bung Karno kembali duduk. Setelah tenang, ia kembali berbicara, “Yang penting dalam peperangan dan revolusi adalah saatnya yang tepat. Di Saigon, saya sudah merencanakan seluruh pekerjaan ini untuk dijalankan pada tanggal 17.”

Soekarni menyela, “Mengapa justru diambil tanggal 17, mengapa tidak sekarang saja atau tanggal 16?”

Dengan tenang, Bung Karno pun menjawab, “Saya adalah seorang yang percaya mistik. Saya tidak dapat menerangkan dengan pertimbangan akal, mengapa tanggal 17 lebih memberi harapan bagi saya. Akan tetapi, saya merasakan di dalam kalbu bahwa itu adalah saat yang baik. Angka 17 adalah angka suci.

Pertama-tama kita sedang berada dalam Ramadhan, waktu kita semua berpuasa. Ini berarti saat yang paling suci bagi kita. Tanggal 17 besok hari Jumat. Hari Jumat itu Jumat Legi. Jumat yang berbahagia, Jumat yang suci. Alquran diturunkan pada tanggal 17. Orang Islam sembahyang 17 rakaat. Oleh karena itu, angka 17 bukanlah sesuatu yang dibuat oleh manusia.”

Begitulah kutipan perdebatan sengit Soekarni dengan Soekarno sehari sebelum proklamasi 66 tahun lalu (Lasmidjah Hardi 1984:61, dengan beberapa perubahan). Soekarno telah menentukan tanggal 17 Agustus 1945 sebagai hari proklamasi atas dasar pertimbangan religius dan kematangan yang murni.

Dirgahayu negeriku! Aku akan selalu berusaha menjaga kesucianmu agar selalu murni!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s