Puasa Internetan

Posted: 4 Agustus 2011 in Techno
Tag:, , , , , , , , , , , ,

Beberapa hari ini koneksi internet di gadget saya lagi error. Dimulai sejak tanggal 1 Agustus lalu atau tepat di hari pertama puasa Ramadhan. Sejak saat itu, selain harus puasa makan minum serta mengendalikan hawa nafsu, saya juga harus puasa browsing, ngetweet, ngeblog dan update status. Tiga hari pertama puasa saya harus dilalui tanpa koneksi internet.

Apa itu berat? Untuk seorang pecandu internet kayak saya, jelas aja berat. Rasanya saya seperti terlempar ke masa lalu, ke zaman prasejarah dimana cuma ada batu bisu dan teman-teman Homo Erectus yang cemberut karena mulutnya lagi bau. Emang ada bagusnya sih. Saya jadi bisa lebih fokus beribadah. Tapi kalo dipikir-pikir, gak ada fokus-fokusnya juga. Lha wong waktu sholat aja masih sempet-sempetnya mikirin timeline, gimana mau fokus, Pak? Hehe…

Rasanya sayang banget hari-hari pertama puasa saya gak bisa tershare ke alam maya (bukan alam gaib ya!). Waktu ngabuburit pun cuma dihabisin main Angry Birds dan keluyuran di perempatan jalan (Ngapain hayoh? Bukannya ngaji dan tadarusan).

It should be the greatest fasting day ever, but I feel so empty. No Google, Facebook, Blog, Twitter and all of the ‘internet creatures’. This ain’t the day that I want. Uhm, is God giving a lesson for me? I don’t know, but maybe it’s true.

Selama ini saya memang gak pernah bisa lepas dari yang namanya internetan. Dan mungkin Tuhan sedang memberi peringatan buat saya untuk terjeda sejenak dari dunia semu yang diciptakan manusia ini. Setiap rutinitas pasti membutuhkan jeda. Tapi sepertinya Tuhan tahu kalau saya tidak bisa terjeda terlalu lama dari aktifitas dunia maya. Buktinya, sekarang saya bisa ngeblog lagi hehe…

Saya tidak mau menuhankan teknologi karena sesungguhnya teknologi juga termasuk ciptaan-Nya. Teknologi tak boleh meninabobokan saya hingga lupa pada Dzat Yang Maha Sempurna. Segala doa telah kupanjatkan. Ya Tuhan, tebalkanlah imanku, lancarkanlah puasa dan koneksi internetku! 😀

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s