Akhirnya Twitter Berbahasa Indonesia

Posted: 31 Juli 2011 in Techno
Tag:, , , , , ,

Sudah 3 hari ini saya gak buka Twitter. Bukan karena bosen ngetweet, tapi karena akses GPRS di hape saya emang lagi ngadat. Jadinya saya baru ngetweet beberapa jam yang lalu. Sengaja saya buka Twitter Mobile biar tau trending topic terbaru. Soalnya kalo pake Twitter Client agak repot karena harus mijit ikon tertentu buat tau TT terbaru.

Taraa… jejeran Tweet di Timeline langsung menyapa. Tagline “Apa yang sedang terjadi?” langsung menyambut saya. Lho, kenapa bukan “What’s happening?”. Saya coba mereload halaman Twitter saya karena takut error. Tapi, halaman Twitter saya udah bener kok. Ya, Twitter saya kini berbahasa Indonesia. Ikon-ikon khas Twitter kayak Home, Mention, Favorite dan Message diganti jadi Beranda, Sebutan, Favorit dan Pesan. Saya coba ngecek versi desktopnya, ternyata juga sama. Profile diganti jadi Profil (huruf E di belakang dibuang) dan ikon-ikon lain pun juga diganti jadi berbahasa Indonesia. Cuma ada satu ikon yang belum diganti, yakni ikon Tweet. Mungkin ikon Tweet emang udah jadi merek dagang Twitter sehingga kalau diterjemahkan ke bahasa lain ditakutkan bakal mendegradasi kepopuleran istilah Tweet itu sendiri.

Bahasa Indonesia sudah resmi menjadi salah satu bahasa baru di Twitter bersama bahasa Belanda. Sebelumnya, di Twitter sudah ada 10 bahasa, yakni bahasa Inggris, Jepang, Prancis, Spanyol, Italia, Portugis, Jerman, Korea, Rusia dan Turki. Tapi kini kita patut bergembira karena bahasa kita sudah masuk ke dalamnya.

Twitter sepertinya sudah memperhitungkan Indonesia. Jelas saja, kita kan pengguna Twitter terbesar ke-3 di dunia. Masak diabaikan sih….

Perjuangan kita meramaikan TT Worldwide dengan bahasa Indonesia akhirnya terjawab sudah. Meski bahasa Indonesia saya masih campur aduk kayak lotek dan gado-gado. Tapi sebagai orang asli Indonesia, jelas saya sangat bangga.

Bahasa kita sudah diakui dunia. Kini tinggal kitanya yang harus melestarikannya. Mari mulai dari Twitter dulu, kita ngetweet pake bahasa Indonesia yuk! Selamat datang Twitternesia! Saya tak akan pernah berhenti berkicau di galaksi linimasamu…

Komentar
  1. bekti patria berkata:

    sepakat, perkenalkan bahasa Indonesia pada dunia melalui twitter. siapa lagi yang membesarkan dan membanggakan bahasa Indonesia kalau bukan warga bangsa Indonesia sendiri.
    salam.

Tinggalkan Balasan

